Senin, 06 Desember 2010

TUGAS 3 SOFTSKILLS KEWIRAUSAHAAN 2DD04



Nama  : Puji Rahayu
NPM    : 34209019
      Kelas  : 2DD04

    1. Dari usaha yang akan anda dirikan, identifikasilah kebutuhan SDM bagi usaha anda! Meliputi : keahliannya, pendidikannya serta pengalaman kerjanya. Jelaskan pula metode recuitmen yang anda gunakan!

Jawaban:
Bagi usaha yang akan saya dirikan SDM sangat penting dan berpengaruh dalam kelangsungan dan kemajuan usaha yang akan saya jalankan.
-          Keahliannya: Keahlian sangat penting dalam usaha yang akan saya dirikan, karena saya akan mendirikan usaha membuat sebuah Rumah Makan, tentunya SDM yang akan saya pekerjakan harus mempunyai keahlian dalam memasak, agar usaha saya bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selain itu Rumah Makan saya mempunyai kualitas yang terbaik dan para konsumen pun mendapatkan kepuasan.
-          Pendidikannya: Dalam setiap menjalankan usaha pendidikan sangat penting, karena semakin tinggi pendidikan seseorang semakin tinggi juga pengetahuannya tentang bagaimana cara menjalankan usaha dengan baik dan benar, agar usaha yang dijalankan bisa terus maju dan berkembang.
-          Pengalaman Kerja: Pengalaman kerja merupakan nilai tambah apabila kita ingin melamar atau mencari pekerjaan karena semakin lama pengalaman kerjanya semakin tinggi pula kualitas orang tersebut. Begitupun dalam usaha yang saya jalankan ini, pengalaman kerja itu penting karena saya ingin orang yang bekerja pada saya mempunyai pengalaman, sehingga saya dapat lebih mudah dalam menjalankan usaha ini tanpa membuang-buang banyak waktu lagi untuk memberikan pelatihan kepada mereka.

Metode Recruitment disini diartikan pengadaan, yaitu suatu proses kegiatan mengisi formasi yang lowong, mulai dari perencanaan, pengumuman, pelamaran, penyaringan samapai dengan pengangkatan dan penempatan. Pengadaan yang dimaksud disini lebih luas maknanya, karena pengadaan dapat merupakan salah satu upaya dari pemanfaatan. Jadi pengadaan disini adalah upaya penemuan calon dari dalam organisasi maupun dari luar untuk mengisi jabatan yang memerlukan SDM yang berkualitas. Jadi bias berupa recruitment from outside dan recruitment from within.
Recruitment within merupakan bagian dari upaya pemanfaatan SDM yang sudah ada, antara lain melalui pemindahan dengan promosi atau tanpa promosi. Untuk pengadaan pekerja dari luar tahapan seleksi memegang peran penting. Seleksi yang dianjurka bersifat terbuka (open competition) yang didasarkan kepada standard an mutu yang sifatnya dapat diukur (measurable). Pada seleksi pekerja baru maupun pemindahan baik promosi dan tanpa promosi, harus memperhatikan unsure-unsur antara lain: kemampuan, kompetensi, kecakapan, pengetahuan, keterampilan, sikap dan kepribadian.
2.    Masih dari usaha yang akan anda dirikan, susunlah perencanaan bentuk organisasinya. Gambarkan juga struktur organisasi dari usaha yang akan anda dirikan !
Dalam menjalankan sebuah usaha perencanaan bentuk organisasi sangatlah penting karena dengan adanya bentuk organisasi kita bisa mengetahui dan menunjang proses usaha yang akan berjalan. Oleh karena itu disini saya akan membuat perencaan dalam bentuk organisasi garis karena organisasi garis dikenal dengan jenis organisasi yang memiliki banyak kelebihan. Dan berbagai bagian dapat terawasi oleh seorang pimpinan karena adanya hubungan langsung antara pimpinan dengan bawahan serta proses pengambilan keputusan dengan cepat dapat diambil.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar