Senin, 06 Desember 2010

TUGAS 2 SOFTSKILLS KEWIRAUSAHAAN 2DD04



Nama  : Puji Rahayu
NPM    : 34209019
Kelas  : 2DD04

1.    Dari jenis usaha yang anda rumuskan pada tugas 1, buatlah: a. Perencanaan keuangan dari usaha yang akan saudara dirikan, b. Bentuk kepemilikannya, c. Rencana pemasaran yang meliputi: kondisi pasar, kondisi pesaing, bentuk kegiatan promosi yang akan dilakukan dan hal-hal yang dibutuhkan untuk memasarkan produk anda!
Jawaban:
A.   Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan adalah Kedisiplinan Pelaku Usaha dalam mengelola Keuangan Pribadi/Keuangan perusahaan. Harus dipisahkan antara keuangan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dengan keuangan untuk usaha, meskipun usaha tersebut dijalankan di rumah. Dalam usaha yang saya buat saya harus membuat perencanaan keuangan agar seluruh arus keuangan dapat terkontrol.
Dibawah ini adalah Perencanaan Keuangan dari usaha yang saya jalankan:

1.    Cash Flow Positif
Dalam menjalankan suatu usaha pasti adalah mengenai untung dan rugi. Jika hasil penjualan dikurangi biaya produksi dan biaya-biaya perusahaan adalah positif maka perusahaan tersebut untung, dan kalau hasil negatif maka rugi. Oleh sebab itu untuk membuat perencanaan keuangan perusahaan, maka Cash Flow harus positif, namun apabila Cash Flow perusahaan tersebut Negatif  atau rugi, yang harus dilakukan adalah menekan biaya produksi/biaya yang lain lebih kecil dari pemasukan.

2.    Dana Darurat  atau Emergency Fund
Keberadaan Dana Darurat / Emergency Fund sangat penting bagi usaha yang kita jalankan. Dana darurat ini untuk mengantisipasi apabila dalam beberapa hari atau bulan tidak mendapatkan order; ada karyawan yang masuk rumah sakit karena kecelakaan, ada order yang cukup besar.

3.    Proteksi Terhadap Tempat Usaha
Pelimpahan resiko kepada pihak perusahaan asuransi terhadap tempat usaha juga sangat penting sekali. Ini mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi pencurian, kebakaran dan huru hara. Jangan sampai terjadi setelah kebakaran yang menghabiskan seluruh tempat usaha, stok barang dan barang jadi pengusaha tersebut jadi bangkrut. Ini harus dihindari.

4.    Diversifikasi Usaha
Apabila semua perencanaan di atas sudah dilaksanakan, maka perluasan usaha atau penambahan usaha boleh dilakukan. Meskipun lambat yang penting aman, dengan demikian perencanaan keuangan usaha tersebut kuat, sehingga kalau terjadi resiko terhadap usaha tersebut kita tidak terlalu panik.

Rincian biaya-biaya:

Biaya gedung                                                     Rp 10.000.000,00
Biaya bahan baku                                              Rp   2.000.000,00
Biaya promosi                                                    Rp      500.000,00
Biaya listrik, telp&air                                          Rp   1.000.000,00
Biaya peralatan dapur                                        Rp   1.500.000,00
Biaya pajak                                                          Rp   1.000.000,00
Biaya gaji manajer                                              Rp   2.000.000,00      
Biaya gaji kepala bagian   @Rp 1.500.000,00                  Rp   3.000.000,00
Biaya gaji koki                   @Rp 1.000.000,00                  Rp   2.000.000,00
Biaya gaji pelayan&kasir  @Rp    700.000,00                  Rp 2.800.000,00 +
                                                                         Rp  25.800.000,00

B. Bentuk Kepemilikan
Usaha yang saya jalankan bersifat milik pribadi oleh sebab itu penghasilan yang saya dapatkan tidak dibagi-bagi oleh yang lain dengan kata lain penghasilan bersih yang saya dapatkan untuk saya sendiri.

C.Rencana Pemasaran
Pada kondisi lingkungan bisnis yang selalu berubah dan tingkat persaingan dalam merebut perhatian para konsumen. Upaya pemasaran produk merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi bisnis. Banyak pengusaha, terutama yang berskala menengah ke bawah sering kali mengalami kesulitan dalam menyusun Program Pemasaran secara formal, sehingga produk yang dihasilkan tidak mampu mencapai pasar sasarannya. Suatu rencana pemasaran juga menunjang usaha yang didirikan.

-   Kondisi Pasar
Kondisi pasar yang berada disekitar tempat usaha yang saya dirikan, mempunyai peluang yang cukup besar, karena masyarakat cenderung menyukai masakan tradisional dibandingkan dengan makanan cepat saji. Dengan kondisi pasar seperti ini, maka saya berinisiatif untuk mendirikan rumah makan khas sunda yang mempunyai citra rasa yang sangat lezat.

- Kondisi Pesaing
Kondisi pesaing disekitar lingkungan Rumah Makan yang saya dirikan cukup terdapat banyak pesaing, namun dengan optimisme yang saya miliki, saya dapat menghadapi kondisi pesaing yang seperti ini. Karena Rumah Makan saya akan memberikan sesuatu yang lebih, yaitu citra rasa yang tidak dapat dinikmati di rumah makan manapun.

- Promosi
Promosi yang akan  saya lakukan yaitu membuat lauching pembukaan usaha yang baru saya dirikan, memberikan potongan untuk periode tertentu dan menyebarkan brosur-brosur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar